Riwayat pendidikan formal menjadi salah satu bagian penting dari pendidik dan tenaga kependidikan. Riwayat pendidikan formal yang kita masukkan adalah jenjang pendidikan sejak paud hingga pendidikan tertinggi. Untuk menginputkan riwayat pendidikan formal, kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan sekolah yang pernah menjadi tempat untuk belajar. Dalam hal ini kita sangat membutuhkan ijazah tiap jenjang pendidikan yang pernah dilalui.
Dalam mengisi riwayat pendidikan formal kita harus mengisikan bidang studi (untuk perguruan tinggi), jenjang pendidikan, gelar akademik (untuk perguruan tinggi), nama satuan pendidikan, fakultas, kependidikan, tahun masuk, tahun lulus, NIM, status, semester (jika masih kuliah) dan IPK (Indeks prestasi kumulatif. Point-point inilah yang harus kita masukkan dengan benar.
Untuk mengisi riwayat pendidikan formal, ikuti langkah-langkah berikut ini;
1. Login ke sekolah kita masing-masing
2. Pilih menu PTK
3. Pilih PTK yang akan kita masukkan datanya
4. Pada data rincian pilih riwayat pendidikan formal.
5. Masukkan data-data PTK dengan benar sesuai dengan ijazah setiap jenjang pendidikan
Untuk jenjang pendidikan paud, sd, smp bidang studi yang kita masukkan adalah "lainnya". Karena di jenjang ini belum ada jurusan khusus. Sedangkan untuk SMA dan selanjutnya maka dibuat sesuai dengan jurusan yang telah ada. Untuk menu-menu selanjutnya silahkan masukkan sesuai dengan ijazah PTK yang bersangkutan. Untuk memasukkan data riwayat pendidikan, kita harus memasukkan nama sekolah yang ada dalam ijazah. Contoh, jika PTK yang bersangkutan pernah belajar di sekolah yang sama, namun ketika masih berstatus sebagai siswa dan sekolah telah berubah nama, maka data yang kita masukkan adalah data yang tertulis di ijazah.
Untuk fakultas, jika ijazah paud sampai dengan sma, maka pilih tanda strip. Jika kita biarkan kosong maka tidak akan bisa tersimpan oleh aplikasi. Tanda strip ini ada pada pilihan paling terakhir jangan ditulis sendiri.
6. Kemudian klik simpan.
Jika ada peringatan bahwa penyimpanan gagal, maka pastikan semua kolom telah terisi. Jangan sampai ada yang tidak diisi.
Setelah kita melakukan perubahan data lakukan sinkronisasi agar data yang telah kita masukkan dapat tersimpan otomatis di server. Sehingga jika terjadi kerusakan laptop, kita dapat mendownload data prefill tanpa harus mengisi dari awal.
semoga bermanfaat!
Comments
Post a Comment